Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Menyusui Boleh Diet Pelangsingan?

Kompas.com - 16/04/2011, 11:32 WIB

KOMPAS.com — Selama hamil, seorang ibu memang harus naik berat badannya agar cadangan gizi janin terpenuhi. Namun biasanya peningkatan berat badan itu terus berlanjut setelah melahirkan. Untuk pelangsingan, bolehkah ibu menyusui melakukan diet?

Sebenarnya boleh saja ibu yang masih menyusui melakukan program penurunan berat badan. Namun, jangan sampai mengorbankan bayi. Misalnya dengan melakukan diet ketat atau program pelangsingan instan.

Memberikan ASI sendiri sebenarnya bisa membakar lemak. Karena itu, Anda bisa mengombinasikannya dengan pengaturan pola makan rendah lemak dan olahraga. Makan berlebihan dengan alasan menyusui juga tidak dianjurkan. Yang penting adalah makan dengan pola gizi seimbang dan bervariasi.

Ibu menyusui tidak dianjurkan melakukan diet karena bisa menyebabkan bayi kekurangan nutrisi dan ibu terancam anemia.

Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan tawaran penurunan berat badan secara instan. Penurunan berat badan yang sehat adalah secara bertahap. Pengurangan bobot tubuh yang terlalu drastis akan menyebabkan tubuh mengeluarkan racun yang disimpan dalam lemak tubuh ke dalam sirkulasi darah. Jika ibu masih menyusui, racun tersebut bisa terbawa ke dalam ASI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com