Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin ATM BCA Jatiasih Raib Dicuri

Kompas.com - 25/04/2011, 04:14 WIB

Bekasi, Kompas - Komplotan pencuri membawa kabur satu unit mesin anjungan tunai mandiri Bank Central Asia dari kios ATM BCA 24 jam di tepi Jalan Raya Jatiasih RT 04 RW 04, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Pencurian mesin ATM berikut uang berdenominasi Rp 100.000 itu diperkirakan terjadi Minggu (24/4) sekitar pukul 03.30.

Kios ATM BCA ini sudah dilengkapi kamera pengintai, namun tidak dijaga secara khusus.

Letak kios ATM BCA itu tidak jauh dari Kantor Kepolisian Sektor Jatiasih, Kota Bekasi. Keberadaannya di antara rumah makan Pondok Betawi dan tempat penyewaan komputer untuk internet dan permainan. Kompleks kios ini berada di tepi Jalan Raya Jatiasih.

Kepala Polsek Jatiasih Ajun Komisaris Darmawan Karosekali belum menerima laporan resmi dari pihak BCA mengenai pencurian ATM itu. Karena itu, kata Darmawan, belum diketahui secara pasti berapa banyak uang yang tersimpan dalam mesin ATM yang raib dicuri itu.

Hasil pemeriksaan awal di lokasi dan keterangan tiga orang saksi yang diperiksa di Polsek Jatiasih, polisi memperkirakan, pencurian ATM BCA itu terjadi Minggu dini hari. Komplotan pencuri mesin ATM itu diperkirakan berjumlah enam orang.

Ada dua orang yang masuk ke kios ATM dan menjebol pengaman mesin ATM. Sementara itu, empat orang lainnya menunggu di luar kios. Setelah mesin ATM dijebol dari tempatnya, mesin dimasukkan ke mobil.

Di dalam kios ATM BCA 24 jam itu mulanya terpasang tiga unit mesin ATM, yakni dua unit mesin ATM tunai dan satu unit mesin ATM nontunai. Setelah kios ATM kecurian, kini tersisa dua mesin ATM, yaitu ATM denominasi Rp 50.000 dan ATM nontunai.

Pencurian mesin ATM itu dilaporkan Jonih (48), penjaga keamanan di kompleks kios tersebut. Ditemui di Kantor Polsek Jatiasih, Jonih mengatakan, dia mengetahui pencurian mesin ATM itu karena dibangunkan putranya, Rudi Hartono (16), sekitar pukul 04.30. Rudi memberitahu bahwa lampu kios ATM padam.

Karena curiga, Jonih dan seorang kawannya, Panduli (45), memeriksa kios ATM BCA. Mereka melihat salah satu mesin ATM raib.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com