Kamis, 18 Desember 2014 18:29

PENCURIAN

Mesin ATM BCA Jatiasih Raib Dicuri

Senin, 25 April 2011 | 04:14 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Bekasi, Kompas - Komplotan pencuri membawa kabur satu unit mesin anjungan tunai mandiri Bank Central Asia dari kios ATM BCA 24 jam di tepi Jalan Raya Jatiasih RT 04 RW 04, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Pencurian mesin ATM berikut uang berdenominasi Rp 100.000 itu diperkirakan terjadi Minggu (24/4) sekitar pukul 03.30.

Kios ATM BCA ini sudah dilengkapi kamera pengintai, namun tidak dijaga secara khusus.

Letak kios ATM BCA itu tidak jauh dari Kantor Kepolisian Sektor Jatiasih, Kota Bekasi. Keberadaannya di antara rumah makan Pondok Betawi dan tempat penyewaan komputer untuk internet dan permainan. Kompleks kios ini berada di tepi Jalan Raya Jatiasih.

Kepala Polsek Jatiasih Ajun Komisaris Darmawan Karosekali belum menerima laporan resmi dari pihak BCA mengenai pencurian ATM itu. Karena itu, kata Darmawan, belum diketahui secara pasti berapa banyak uang yang tersimpan dalam mesin ATM yang raib dicuri itu.

Hasil pemeriksaan awal di lokasi dan keterangan tiga orang saksi yang diperiksa di Polsek Jatiasih, polisi memperkirakan, pencurian ATM BCA itu terjadi Minggu dini hari. Komplotan pencuri mesin ATM itu diperkirakan berjumlah enam orang.

Ada dua orang yang masuk ke kios ATM dan menjebol pengaman mesin ATM. Sementara itu, empat orang lainnya menunggu di luar kios. Setelah mesin ATM dijebol dari tempatnya, mesin dimasukkan ke mobil.

Di dalam kios ATM BCA 24 jam itu mulanya terpasang tiga unit mesin ATM, yakni dua unit mesin ATM tunai dan satu unit mesin ATM nontunai. Setelah kios ATM kecurian, kini tersisa dua mesin ATM, yaitu ATM denominasi Rp 50.000 dan ATM nontunai.

Pencurian mesin ATM itu dilaporkan Jonih (48), penjaga keamanan di kompleks kios tersebut. Ditemui di Kantor Polsek Jatiasih, Jonih mengatakan, dia mengetahui pencurian mesin ATM itu karena dibangunkan putranya, Rudi Hartono (16), sekitar pukul 04.30. Rudi memberitahu bahwa lampu kios ATM padam.

Karena curiga, Jonih dan seorang kawannya, Panduli (45), memeriksa kios ATM BCA. Mereka melihat salah satu mesin ATM raib.

”Karena polsek dekat, saya langsung lapor ke polsek,” kata Jonih kemarin. Jonih mengaku sama sekali tak mendengar suara berisik atau gaduh, padahal dia tidur tidak jauh dari kios ATM itu.

Jonih menambahkan, dirinya tidak khusus menjaga kios ATM, melainkan menjaga keamanan kompleks kios tersebut. Sejak kios ATM dibuka, kata Jonih, dia tidak pernah diminta untuk menjaga kios ATM tersebut.

Beberapa kali terjadi

Pencurian mesin ATM sudah beberapa kali terjadi. Pada 27 November 2010, misalnya, komplotan maling, yang diperkirakan berjumlah lebih dari empat orang, mencuri mesin ATM BCA di Kelurahan Kali Mulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok (Kompas, 29/11). Kawanan pencuri ini terlebih dulu membobol minimarket Indomaret karena mesin ATM terpasang di dalam minimarket itu. Kawanan pencuri mesin ATM itu diduga membawa kabur uang tunai senilai ratusan juta rupiah. (COK/BRO)







IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui