Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jahe Tak Mempan Atasi Morning Sickness

Kompas.com - 26/04/2011, 16:04 WIB

Kompas.com - Jahe sudah sejak lama dikenal sebagai bahan tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Baunya yang segar juga membuat rempah ini sering menjadi andalan untuk mengatasi gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

Salah satu kandungan aktif dalam jahe, yakni 6-gingerol, diketahui membantu otot-otot perut yang berkontraksi ketika mual lebih rileks. Karena itu jahe segar atau pil jahe sangat efektif untuk mengatasi mabuk laut atau mual di perjalanan. Bahan alami dalam jahe juga mampu memberi efek menenangkan.

Kendati jahe sudah terbukti mengatasi mual, ketika para ahli menganalisa data mengenai manfaat jahe untuk morning sickness, hasilnya kurang efektif.

Analisa yang dilakukan tahun 2010 tersebut dilakukan pada data yang dikumpulkan dari percobaan random terhadap jahe dan rempah-rempah lain untuk mengatasi mual dan muntah pada trisemester pertama kehamilan.

Walaupun pada beberapa orang jahe bisa mengurangi gejala morning sickness, namun secara umum efektivitasnya tidak konsisten. Beberapa perempuan juga mengeluhkan efek samping berupa rasa terbakar.

Selain jahe, para peneliti juga menganalisa manfaat vitamin B6 dan akupuntur pada masa awal kehamilan. Sama seperti jahe, para peneliti menyimpulkan kedua hal tersebut kurang efektif meredakan gejala mual dan muntah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com