Rabu, 1 Juli 2015

Health

Jantung Bayi Ini di Luar Rongga Dada

Rabu, 27 April 2011 | 07:29 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Seorang bayi perempuan yang terlahir dengan letak jantung berada di luar rongga dada, kini dirawat di Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Tumur, sejak Selasa (26/4/2011).

Bayi bernama Alful Laili itu datang atas rujukan dari RS Al-Huda Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Alful Laili merupakan putri ketiga pasangan Edi Sukanto-Tukini, warga Desa Ringinputih, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Ia dilahirkan secara normal pada Minggu dengan bantuan bidan. Keluarga Edi Sukanto dengan fasilitas pengobatan masyarakat miskin ini hanya bisa berdoa agar putrinya dapat sembuh dan sehat seperti bayi lain.

"Pokoknya saya pasrah sama dokter dan Tuhan bagimana enaknya," kata Edi.

Menurut Kepala IRD RSUD Dr Soetomo dr Urip Moertejo, SpB-KL, bayi itu mengalami pentalogy of cantrell, yakni letak jantung berada di luar rongga dada.

"Kami tengah memberikan perawatan untuk stabilisasi kondisi tubuh karena saat datang ke sini kondisinya kritis dan denyut jantungnya lemah," katanya

Agar tidak mengalami dehidrasi, dokter juga berupaya memberikan cairan di sekitar lokasi jantung dengan kompres. Sementara pada bagian jantung ditutup dengan perban yang sudah diberi garam fisioligis.

Hingga kini pihak kedokteran masih belum dapat menyimpulkan penyebab kelainan itu. "Tim dokter untuk saat ini hanya berusaha melakukan stabilisasi kondisi," pungkasnya.

Editor : Asep Candra