Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyeri Perut Bagian Bawah

Kompas.com - 27/04/2011, 16:20 WIB

TANYA

Saya seorang ibu mempunyai 3 anak dan sudah lama saya merasakan sakit di bagian bawah perut saya tetapi kadang rasa sakitnya hilang nanti kambuh lagi.   Bulan februari kemarin saya perut saya sakit sekali sampai akhirnya saya urut karena takut turun bero, tetapi setelah di urut malah tambah sakit sampai saya ke dokter umum dan didiagnosis infeksi saluran kencing. Setelah saya minum obat selama seminggu rasa sakit itu hilang tetapi saya dapet mens yang luar biasa banyak  dan terasa sakit perut.   Sampai sekarang sakit di perut saya masih terasa bahkan sampai ke pinggang terasa panas juga pada alat kemaluan saya terasa panas. Yang saya ingin tanyakan apa yang saya harus lakukan dok? Sebaiknya saya periksa ke dokter apa?   Andriana (32), Bogor

JAWAB

Dari keterangan yg ibu berikan, ibu menderita infeksi saluran kencing. Walaupun nyeri pada organ di daerah perut bawah bisa juga disebabkan oleh usus buntu, infeksi usus besar atau infeksi kandungan. Menurut saya, sebaiknya ibu periksa ke dokter kandungan untuk diperiksa organ kandungannya. Ibu juga sebaiknya kontrol ke bagian penyakit dalam. Karena ada kemungkinan infeksi saluran kencing, untuk sementara ini upayakan untuk banyak minum. Demikian jawaban saya. Terima kasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com