Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyakit Kronis Jadi Pembunuh Utama

Kompas.com - 27/04/2011, 17:07 WIB

KOMPAS.com — Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes merupakan penyakit yang menjadi pembunuh utama di dunia sekarang ini menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dalam laporan The Global Status disebutkan, penyakit tidak menular telah menyebabkan 36 juta kematian secara global pada tahun 2008. Sekitar 80 persen kematian itu terjadi di negara miskin dan berkembang.

Dalam laporan tersebut juga dinyatakan, penyakit tidak menular kini menjadi ancaman utama kesehatan mengalahkan penyakit menular seperti malaria, tuberkulosis, dan HIV.

"Penyakit tidak menular kini menjadi tantangan terbesar. Untuk beberapa negara tidak berlebihan jika situasi ini adalah sebuah bencana untuk kesehatan, sosial, dan terutama ekonomi negara," kata Dr Margaret Chan, Direktur WHO.

Ia menambahkan, penyakit tidak menular memberikan pukulan yang sangat telak pada program pembangunan. "Hal ini menghabiskan pendapatan nasional hingga miliaran dollar dan membuat orang makin terdorong ke dalam kemiskinan," katanya.

WHO juga menjelaskan, sebenarnya penyakit tidak menular bisa dicegah bila pejabat pemerintahan mau menerapkan kebijakan untuk mengampanyekan pola makan sehat dan memperketat aturan mengenai pemasaran tembakau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com