Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libido Rendah karena Vegetarian?

Kompas.com - 29/04/2011, 13:27 WIB

TANYA :

Dokter yang baik, saya mau tanya nih. Begini dok, sejak setahun ini saya memutuskan untuk menjadi vegetarian. Untuk memenuhi asupan protein saya lebih banyak mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai, kacang tanah, kacang polong dan sekali-kali makan telor. Namun, rasanya kok gairah seksual saya menurun dan produksi sperma relatif rendah.

Pertanyaannya : Apakah demikian besar signifikansinya vegetarian terhadap gairah seksual, ataukah ini karena memang faktor usia? Saat ini, saya belum memutuskan kembali untuk memakan daging/ikan karena saya sangat merasakan manfaatnya sebagai seorang vegetarian. Insya Allah setahun ini saya tidak pernah pergi ke dokter. Pun sebelumnya saya memiliki wasir sekarang tidak pernah kambuh lagi meski saya suka makanan pedas. Demikian dok pertanyaannya, terima kasih atas nasehat dokter.

Edy, 46, Surabaya     

 

JAWAB :

Makanan yang diperlukan bagi fungsi tubuh kita ialah yang mengandung protein. karbohidrat, lemak. Vitamin dan mineral juga diperlukan. Walaupun Anda seorang vegetarian, asal semua kebutuhan itu terpenuhi, sebenarnya tidak ada perbedaan. Protein tidak harus dari binatang atau ikan. Tahu misalnya juga mengandung protein. 

Sebenarnya tidak ada alasan vegetarian mengalami penurunan dalam gairah seksual. Kecuali kalau asupan makanan Anda tidak memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Misalnya, apakah protein yang terdapat dalam seekor ikan laut yang dulu Anda makan sama dengan 2 potong tahu yang sekarang Anda makan. 

Faktor usia jelas berpengaruh terhadap fungsi seksual, apalagi kalau tidak mendapat perawatan. Di pihak lain, kalau Anda mengalami penyakit tertentu, maka ini juga berpengaruh terhadap fungsi seksual, termasuk gairah seksual. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com