Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suguhan Vegetarian

Kompas.com - 01/05/2011, 04:27 WIB

Oleh Tuti Soenardi

Hidangan vegetarian semakin diminati masyarakat karena kerap digolongkan sebagai makanan sehat. Menurut penulis buku Vegetarian Asian, Lynelle Scott-Aitken, sebagian penduduk Asia, termasuk China, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Myanmar, Sri Lanka, Vietnam, Taiwan, dan Korea, banyak memilih menjadi vegetarian karena dipengaruhi budaya pertanian.

Selain itu, belakangan juga disadari kebutuhan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh yang berasal dari daging hewan. Hidangan vegetarian dari Asia banyak diminati masyarakat dunia karena variasi bahan yang beragam dan nikmat rasanya.

Ada 3 kategori penganut vegetarian. Pertama, mereka yang betul-betul hanya mengonsumsi dari tumbuhan, tidak mengonsumsi daging, ayam, ikan juga susu, telur, bahkan wine.

Kedua, lacto vegetarian, yang memasukkan unsur susu, yoghurt, dan keju pada menu vegetarian. Ketiga, ovo lacto vegetarian yang masih memanfaatkan susu dan telur; disebut juga semi-vegetarian.

Kacang kedelai merupakan bahan yang banyak diolah untuk menu vegetarian. Selama ini kita mengenal tahu, tempe, kembang tahu, dan susu kedelai sebagai sumber protein. Demikian juga dengan kecap dan taoco. Ada juga kedelai sebagai taoge, keju kedelai, dan kacang-kacangan lainnya.

Di Indonesia, tempe sudah menjadi makanan yang populer. Selain mengandung protein yang bermanfaat, juga mengandung vitamin B12 yang terkandung dalam daging.

Di bawah ini adalah resep pasta bagi vegetarian, yaitu Spaghetti Tempe dan Fettucini Isi Jamur Keripik Tempe.

Spaghetti Tempe

Untuk:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com