Selasa, 16 September 2014 20:26

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Latih Motorik Halus dengan Mengancingkan Baju

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 2 Mei 2011 | 10:07 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Asah kemampuan motorik halus balita dengan belajar mengancingkan baju. Melatih keterampilan motorik halus akan menunjang kemampuan si kecil saat ia memasuki usia sekolah.

Latihan motorik halus akan membuat otot tangan dan jemari lebih lentur sehingga anak lebih pintar menulis dan menggambar. Salah satu cara untuk melatihnya adalah dengan belajar mengancingkan baju.

Keterampilan motorik halus merupakan hasil dari koordinasi antara tangan, mata dan otak. Bagi anak keterampilan ini tidak mudah, karenanya harus dilatih.

Orangtua bisa melatih motorik halus anak sedini mungkin sesuai dengan perkembangan usianya. Di usia 6 bulan misalnya, bayi biasanya sudah bisa memindahkan benda dari tangan kiri ke tangan kanan. Atau ajari anak untuk membalik-balik halaman buku atau majalah. Cara lain adalah memegang benda-benda kecil.

"Di usia 3-5 tahun balita harus sudah bisa mengancingkan baju sendiri. Jika tidak dilatih karena anak terbiasa dilayani, saat usia sekolah tangan anak tidak bisa memegang pensil dan tidak bisa menulis," papar dr.Attila Dewanti, Sp.A, dokter anak dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta Selatan.



IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui