Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Lengko Pak Sadi, Mantapp!

Kompas.com - 03/05/2011, 08:51 WIB

KOMPAS.com — Menikmati nasi lengko bagi masyarakat Cirebon adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan. Meskipun membuatnya mudah, tetap saja banyak orang datang ke warung nasi lengko untuk menikmati sepiring nasi khas kota Cirebon ini. Membuat nasi lengko memang sederhana. Hanya nasi yang diberi gorengan tempe, tahu, irisan timun, kemudian diberi bumbu kacang di atasnya, plus kerupuk khas nasi lengko yang enak itu.

Di Cirebon ada satu penjual nasi lengko yang sudah lama sekali dan banyak sekali pelanggan setianya. Salah satu pelanggang setianya adalah saya, he-he.... Namanya Nasi Lengko HM Sadi. Lokasinya berada di mulut gang Alas Demang I, Jalan Pagongan, Cirebon. Lengko Pak Sadi ini sudah ada dari tahun 1960-an, tetapi sekarang dikelola oleh anaknya yang bernama Pak Waras Suyatno. Dan sampai sekarang masih saja ramai seperti dulu.

Nasi Lengko Pak Sadi tidak hanya berjualan nasi lengko, tetapi juga ada sate kambing. Saya pun pesan kedua menu tersebut. Duh rasanya benar-benar menyenangkan bisa kembali menikmati nasi lengko Pak Sadi ini, nyam-nyam....

Sekarang sepiring nasi lengko yang nikmat ini sudah ada di hadapan saya, diaduk-aduk dulu supaya bumbu kacangnya tercampur rata. Enak pisan euy. Saya pun tidak lupa menikmatinya dengan kerupuk. Segarnya timun bercampur dengan tahu, tempe, tauge, dan nasi. Ditambah dengan rasa manis dan pedas karena bumbu kacangnya tadi. Mantap pisan.

O iya, tambahkan deh sate kambingnya sebagai lauk nasi lengkonya, tambah lebih mantap lagi, he-he.... Daging sate kambingnya empuk banget, tidak alot. Bumbu sambalnya terbuat dari kacang dan kecap. Yummy sate kambingnya.

Kalian harus cobain nasi lengko dan sate kambing di Pak Sadi ini, enak pisan!! Murah pula, seporsi nasi lengko hanya Rp 7.000 dan seporsi sate kambing berisi 10 tusuk seharga Rp 20.000. Datang ke Cirebon, jangan lupa mampir ke Nasi Lengko Pak Sadi di Alas Demang. Pagongan ya teman-teman. O iya jangan sampai kesiangan ya, karena beliau berjualan sampai jam dua siang saja. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com