Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pempek 161, Menunya Bervariasi...

Kompas.com - 04/05/2011, 09:58 WIB

KOMPAS.com — Bagi yang tinggal di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara, pasti tahu Pempek Palembang 161. Pempek yang satu ini memang sudah ada sejak lama dan punya penggemar tersendiri. Rumah makan yang terletak di ruko ini memang sederhana, tetapi rasa Pempek 161 lebih dari sederhana, enak banget. Dan rasanya senang sekali bisa kembali makan di Pempek Palembang 161.

O iya, pada tahun 2002 Pempek Palembang 161 pernah mendapat penghargaan Muri atas rekor pembuat pempek lenjer terpanjang ukuran 7,5 meter. Hebat ya!

Pempek di 161 ini banyak macamnya. Ada beberapa menu yang jarang ditemukan di tempat lain, seperti Celimpungan, Pempek Panggang, dan Lenggang Panggang yang juga adalah khas dari Pempek 161.

Celimpungan adalah pempek jenis basah alias tidak digoreng dan rasanya mirip tekwan tapi berkuah santan. Rasanya gurih dan nikmat. Nah, kalau pempek Lenggang Panggang adalah pempek yang dibaluri dengan telur bebek, lalu dibungkus dengan daun, baru kemudian dipanggang. Rasanya gurih dan mirip otak-otak.

Sedangkan Pempek Panggang mirip dengan pofertjes ukuran besar, berisi ebi dan kecap manis. Pempek pastel berisi buah pepaya muda, ebi, dan santan. Ada juga Kulit. Pempek yang berwarna bulat pipih kecoklatan ini terasa gurih dan sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan Bulat/Adaan.

Pempek favorit saya adalah Keriting, Adaan, dan Kulit Tenggiri. Pempek Kulit di Pempek 161 ini terasa sangat gurih. Rasa ikannya sangat terasa. Begitu pula dengan Keriting. Sedangkan pempek Adaan lebih empuk. Ikan tenggirinya juga sangat terasa. Campur deh dengan cukanya yang manis pedas itu. Ya, makan pempek memang tidak akan lengkap kalau tanpa cuka. Di Pempek 161, cuka disediakan dalam botol yang diletakkan di setiap meja. Jadi kita bisa meracik sendiri cukanya. Asyik, kan?

Tidak heran kalau Pempek 161 menjadi salah satu rumah makan pempek yang istimewa di bilangan Kelapa Gading. Selain enak, jenis pempeknya juga lebih bervariasi. O iya jangan lupa untuk coba otak-otaknya juga ya. Selain berukuran besar, rasa gurih ikannya juga sangat terasa. Selamat mencoba, teman-teman. (Ita) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com