Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Seks Memang Sulit, Tapi Harus

Kompas.com - 04/05/2011, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Penelitian-penelitian tentang perilaku seks remaja saat ini sungguh memprihatinkan. Komite Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) belum lama ini melansir data, 93 persen anak SMP-SMA di 12 kota besar sudah pernah melakukan hubungan seks. Data dari Departemen Kesehatan juga menyebutkan, separuh penderita HIV/AIDS adalah remaja.

Praktik hubungan seks pranikah yang banyak terjadi di kalangan remaja itu, menurut Sani B.Hermawan, psikolog dari Lembaga Konsultasi Daya Insani, antara lain dipengaruhi berbagai hal, namun terutama karena rasa ingin tahu anak yang besar.

"Pada dasarnya anak memang punya rasa ingin tahu besar, ditambah lagi dengan arus informasi yang masuk dan sulit dibendung melalui media digital. Mereka melihat dan ingin punya pengalaman serupa," kata Sani ketika dihubungi Kompas.com, pekan lalu.

Dia menambahkan, selama ini banyak anak yang tumbuh tanpa pendidikan seksual karena orangtua merasa tabu bicara seks dengan anak-anaknya. Banyak pula orangtua takut menjelaskan tentang seks karena khawatir anaknya justru mencoba-coba.

Seks, yang berarti jenis kelamin, menurut Sani, sudah mengalami reduksi makna sebagai sesuatu yang porno atau hubungan kelamin. Hal itu mengakibatkan paradigma orang terhadap kata seks juga salah. Pendidikan seks selalu berkonotasi cara-cara mengajarkan hubungan seksual.

"Boro-boro mengajarkan kepada anak kalau orangtuanya sendiri merasa itu bukan sesuatu yang harus disosialisasikan," imbuh psikolog yang aktif sebagai pembicara mengenai pendidikan seks di berbagai seminar dan sekolah ini.

Padahal, lanjut Sani, jika kita mencoba setia pada asal-usul katanya, pendidikan seks bisa bermakna sangat luas. Konsepnya lebih berorientasi pada identifikasi gender, anatomi, fungsi, hingga kesehatan alat reproduksi. Pendidikan tersebut seharusnya diberikan sejak dini dan disesuaikan dengan tingkat kematangan serta daya tangkap anak.

"Sejak balita, anak sudah bisa diajari tentang perbedaan tubuh laki-laki dan perempuan, mengapa laki-laki tidak boleh memakai rok, cara duduk, atau cara menggunakan toilet sesuai jenis kelamin. Itu juga pendidikan seks, tapi kita tidak pernah ngeh," paparnya.

"Selain mengenali fungsi alat reproduksi, pendidikan seks juga bermanfaat untuk menghindarkan anak dari pelecehan dan kekerasan seksual.

"Anak harus diajari untuk berkata tidak jika ada orang lain yang menyentuh bagian-bagian tubuhnya. Yang boleh menyentuh hanya orangtua dan dokter ketika memeriksa," katanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com