Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Botol Susu Picu Kegemukan Anak

Kompas.com - 06/05/2011, 08:25 WIB

KOMPAS.com — Anak yang minum dari botol susu hingga umur 2 tahun berisiko kegemukan 30 persen lebih tinggi pada usia 5 tahun daripada anak yang minum dari gelas.

Pemakaian botol susu mendorong konsumsi kalori berlebih. Karena itu, sejak anak berusia enam bulan perlu dikenalkan minum dari gelas dan penggunaan botol susu dihentikan sejak anak 1 tahun.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics itu menganalisis 7.000 anak di seluruh Amerika Serikat. Rachel Gooze, salah satu peneliti dari Pusat Penelitian Obesitas dan Pendidikan, Universitas Temple, Philadelphia, mengatakan kepada BBC, Kamis (5/5/2011), anak perempuan berumur 2 tahun dengan berat dan tinggi badan seimbang yang menggunakan botol susu berkapasitas 8 ounce (sekitar 250 gram) akan menerima kelebihan kalori hingga 12 persen dari yang dibutuhkan dalam satu hari. (BBC/MZW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com