Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Instan Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 06/05/2011, 14:46 WIB

TANYA : 

Dok, nama saya Deby. Saya memiliki berat 75 kilogram dan tinggi badan 165 cm. Saat ini masih duduk di kelas 3 SMP. Saya ingin bertanya bagaimanakah cara supaya berat badan saya turun? Begitu susahnya menurunkan berat badan saya ini. Apakah kurang baik bila meminum obat pelangsing? Bila itu tidak baik dan berisiko, adakah cara lain yang bisa membuat berat badan saya menurun dengan cepat dan mudah?

Deby Sylvia, 16, Surakarta

JAWAB :

Mbak  Deby yang maunya instan, wah susah ya jika anda maunya cepat dan mudah. Semua orang pasti menginginkan yang cepat dan mudah tanpa harus lama-lama melakukan hal yang merepotkan, terutama jika anda berbicara mengenai berat badan. Pada usia seperti anda, tentunya masih dalam masa pertumbuhan. Dengan berat dan tinggi badan anda sekarang, anda termasuk yang berbobot lebih. Akan tetapi, karena masih dalam pertumbuhan maka hal ini bisa sangat bervariasi.

Saya tidak merekomendasikan untuk meminum obat pelangsing seperti yang anda khawatirkan efek sampingnya. Salah-salah, bukannya kurus yang anda dapatkan, tapi justru penyakit.  Saya tak bisa menyarankan untuk menurunkan berat dengan cepat dengan memakai obat atau cara tertentu. 

Saran saya, cari tahu dahulu apakah penyebab berat badan Anda berlebih.  Jika ada kecurigaan akibat suatu kondisi tertentu, tentu harus diobati terlebih dahulu penyakitnya. Akan tetapi, jika masalahnya adalah pengendalian pola makan dan gaya hidup, maka tentu anda harus mengontrol diri dan melakukan olahraga. Tak ada lagi yang lebih baik dari itu, meskipun cara ini terdengar kuno dan sulit.

Sulit rasanya untuk membuat berat badan turun dengan cepat serta mudah. Segala sesuatu yang berlebihan atau kekurangan tidaklah baik, tapi lebih tidak baik lagi jika kita tidak berusaha untuk mendapatkannya. Saran saya, coba temuilah dokter yang Anda percaya untuk memeriksakan keseluruhan kesehatan fisik.

Jika memang tidak ada penyakit yang mendasari setelah pemeriksaan menyeluruh, temuilah ahli gizi bila anda mengalami kesulitan dalam memproporsikan makanan sehari-hari. Tentunya juga sangat baik jika disertai gaya hidup sehat dengan berolahrga yang cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com