Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Rasa Bersalah Berlebihan

Kompas.com - 10/05/2011, 07:47 WIB

TANYA : 

Dok, kenapa ya, saya merasa  kadang-kadang diliputi oleh rasa bersalah yang berlebihan?  Saya kerap menyesali suatu tindakan yang tidak perlu atau dibayangi pengalaman yang memalukan, dan rasa bersalah ini suka muncul berulang-ulang dan kerap membuat saya tertekan. Apakah yang saya alami ini sebenarnya? Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih atas jawabannya.  

Gunawan, 28, Jakarta

 

JAWAB :

Gunawan yang baik,  Rasa bersalah timbul jika kita merasa ada yang salah dengan tindakan kita dan mungkin telah menyebabkan orang lain dirugikan. Pada kondisi tertentu hal ini bisa dipahami dan bisa terjadi pada semua orang. Namun jika keadaannya rasa bersalah itu muncul dan menimbulkan rasa kecemasan yang terus menerus bahkan hal-hal yang tidak logis mulai muncul, maka apa yang dialami mungkin adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan Gangguan Kecemasan Menyeluruh.

Orang yang mengalami hal ini biasanya dipenuhi kekhawatiran pada hampir semua segi kehidupannya bahkan untuk sesuatu yang belum terjadi. Anda bisa melakukan upaya dengan melatih pikiran anda untuk logis jika memandang kondisi tertentu yang membuat anda cemas, tanya kepada diri anda sendiri apakah perlu dan logis saya merasakan hal ini.

Berhubungan dengan rasa bersalah terhadap apa yang pernah anda lakukan, anda harus mulai memaafkan diri anda sendiri agar menjadi nyaman. Semua dimulai dari kita dan akan diakhiri oleh kita juga. Salam sehat jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com