Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bercinta Jadi "Dingin" akibat Trauma

Kompas.com - 10/05/2011, 08:08 WIB

TANYA:

Prof Yth., saya sudah menikah delapan tahun dengan dikaruniai dua putri dan satu putra. Saya pernah punya masa lalu yang suram, istri baru mengetahuinya setelah empat bulan menikah. Sejak itu sampai sekarang kalau berhubungan ala kadarnya saja. Istri selalu merasa jijik dan cool karena selalu terbayang masa lalu saya.

Padahal, saya sangat mencintai istri saya. Prof, bagaimana caranya untuk meyakinkan istri supaya bisa melupakan masa lalu itu dan supaya bisa melayani dengan baik, dalam hal ini hubungan suami istri? Terima kasih, Dok, atas bantuannya. Wassalam. 

Jekson, 39, Jambi

 

JAWAB:

Sayang sekali Anda tidak jelaskan apa yang Anda alami dengan menyebut "masa lalu yang suram". Saya dapat menduga, tetapi belum tentu dugaan saya benar. Reaksi istri tentu bergantung pada apa yang Anda alami atau lakukan pada masa lalu itu.

Kalau sekarang istri sampai merasa jijik dan mungkin juga tidak bergairah lagi, itulah salah satu reaksi yang muncul. Itu akibat trauma psikoseksual. Untuk mengembalikan fungsi seksual istri, tentu diperlukan sikap dan perilaku Anda, bahwa kini Anda tidak lagi seperti dulu.

Tetapi memang tidak selalu mudah meyakinkan kalau sudah muncul keyakinan terhadap apa yang Anda lakukan dulu. Dalam keadaan begini, diperlukan konseling yang lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com