Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Remehkan Vitamin C

Kompas.com - 12/05/2011, 07:39 WIB

KOMPAS.com — Vitamin C selama ini baru diingat saat kita sedang flu. Padahal, vitamin C memiliki kemampuan dan daya kerja yang begitu menakjubkan. Makin kita mempelajari vitamin ini, makin besar pemahaman kita akan manfaatnya untuk melindungi kesehatan.

Studi teranyar yang dimuat dalam Seminars in Preventive and Alternative Medicine yang menganalisa 100 penelitian dalam 10 tahun terakhir mengungkap sederet manfaat vitamin C yang selama ini belum diketahui.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, sebagai antioksidan, menyehatkan mata, jantung, hingga mencegah kulit keriput.

Penelitian juga mengungkap manfaat vitamin C untuk mencegah penyakit alzheimer, yang menyebabkan kita menjadi pikun, dan mencegah kanker.

"Vitamin C kaya akan antioksidan yang bisa menghambat radikal bebas yang bisa mencetuskan kanker," kata dr. Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Indonesia.

Ia menambahkan, orang yang kekurangan vitamin C biasanya lebih mudah terkena infeksi dan ketika sakit, proses penyembuhan lukanya lebih lama.

Begitu pentingnya manfaat vitamin C dalam menjaga kualitas hidup seseorang, Mark Moyad, MD dari University of Michigan, Amerika Serikat, yang melakukan riset tentang vitamin C mengatakan, kadar vitamin C dalam tubuh bisa menentukan status kesehatan secara keseluruhan. Dengan kata lain, kita bisa dianggap kurang sehat jika kekurangan vitamin C.

Sayangnya, vitamin C tidak bisa dibuat tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Selain itu, kadar vitamin C dalam jaringan juga sangat cepat menurun karena mudah sekali teroksidasi.

"Vitamin C tidak bisa disimpan dalam jumlah banyak karena sifatnya yang mudah larut dalam air, sehingga kita tidak bisa makan vitamin banyak-banyak untuk cadangan seminggu misalnya," kata Fiastuti.

Alami lebih baik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com