Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stroke Bisa Menyerang Saat Tidur

Kompas.com - 13/05/2011, 06:34 WIB

KOMPAS.com — Stroke yang terjadi saat kita sedang terlelap bukanlah hal yang langka. Malah menurut hasil penelitian, satu dari tujuh kasus stroke terjadi ketika pasien sedang tidur. Itu sebabnya tata laksana stroke saat sedang terlelap perlu diketahui.

Penanganan darurat segera setelah kejadian stroke sangat berpengaruh untuk mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh terhambatnya aliran darah ke otak. Obat yang disebut tissue plasminogen activator (tPA) seharusnya diberikan di rumah sakit selang beberapa jam pascagejala stroke pertama kali muncul.

Pada siang hari, tentu tak sulit mengetahui kapan gejala stroke muncul. Tetapi, jika stroke menyerang pada malam hari saat pasien sedang tertidur, ini bisa merugikan.

Oleh karena itu, penelitian terbaru yang dipimpin ilmuwan dari Amerika Serikat, Jason Mackey, berusaha mengetahui kapan waktu terbaik pemberian terapi tPA untuk hasil optimal. Penelitian dilakukan pada 1.854 pasien yang menderita stroke iskemik dan sekitar 14 persen mengalami gejala stroke saat mereka terjaga.

Menurut Mackey, ada beberapa perbedaan antara stroke saat terjaga dan stroke yang menyerang saat tidur. "Orang yang terkena stroke saat terbangun biasanya adalah orang lanjut usia dan mengalami stroke cukup parah," katanya.

Para peneliti memperkirakan orang yang terserang stroke saat terjaga juga bisa diatasi dengan tPA. "Mereka adalah kelompok yang harus difokuskan dalam studi pada masa mendatang. Ada kecenderungan stroke ini terjadi begitu mereka terbangun dari tidur dan orang akan mendapat manfaat dari terapi ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com