Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi Kebiasaan Korek Telinga

Kompas.com - 13/05/2011, 09:30 WIB

TANYA : 

Dok, hampir setiap hari telinga saya terasa gatal dan tiap kali itu juga saya menggaruknya dengan memakai cotton bud atau kapas. Kadang, kalau mungkin terlalu keras menggaruknya dengan cotton bud telinga bagian dalam terasa sakit tapi sembuh dengan sendirinya setelah 2-3 hari. Pernah saya obati dengan obat tetes telinga, tapi begitu obatnya habis gatalnya kambuh lagi. Bagaimana ini dok? Saya takut periksa langsung ke dokter.  

Asliyah Susetyo, 31, Polewali Mandar

JAWAB :

Buat Anda yang takut untuk memeriksakan diri ke dokter, saya harap anda dapat memerangi rasa takut karena kasus yang anda alami ini sangat penting untuk dinilai secara langsung.  Telinga bagian dalam anda haruslah dilihat oleh dokter yang ahli di bagian tersebut, dalam hal ini biasanya seorang ahli THT.  Penyakit pada telinga bisa sangat bervariasi mulai dari infeksi bakteri, peradangan, jamur dan masih banyak lainnya.

Saya tidak menyarankan anda memakai cotton bud, kapas, menggaruknya terlalu keras ataupun obat tetes telinga seperti yang anda lakukan. Dengan melakukannya, ada kemungkinan infeksi bertambah, membran telinga anda mengalami kerusakan dan adanya risiko pengobatan tidak tepat dengan obat tetes telinga tersebut karena belum diketahui penyebab kelainan pada telinga anda.

Saya anjurkan untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan berobatlah ke dokter ahli. Beranikanlah diri  untuk menemui dokter untuk mengobati telinga anda, daripada masalah telinga anda semakin parah akibat ketakutan anda.  Semoga saran saya dapat membantu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com