Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pewaris Korut Kunjungi China

Kompas.com - 20/05/2011, 09:08 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Calon pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dijadwalkan mengunjungi China, Jumat (20/5/2011). Media Korea Selatan melaporkan, kunjung ini bisa dianggap sebagai isyarat bahwa Beijing menyetujui proses suksesi Korut.

"Kim Jong Un tiba di China pagi ini melalui Tumen. Namun, kami tidak mengetahui di mana posisinya saat ini," kantor berita Korsel, Yonhap, mengutip sebuah sumber di perbatasan timur laut dengan China itu.

Seorang pejabat Korsel mengatakan, Jong Un diyakini berkunjung tanpa ditemani ayahnya, pemimpin Korut, Kim Jong Il. Kim senior beberapa kali mengunjungi China, sekutu utama Korut. Tidak jelas apakah putra bungsunya itu mendampinginya pada kunjungan terakhirnya pada Agustus 2010 lalu.

Indikasi adanya kunjungan Jong Un cukup terlihat di Tumen, kota perbatasan  di sisi timur laut dengan Korut. Pengamanan di sekitar kota dan jembatan di atas Sungai Tumen yang menandai perbatasan itu diperketat.

"Melihat situasinya, tampaknya Kim Jong Un tiba di China pagi ini," tulis Yonhap mengutip seorang pejabat senior Korsel.

"Belum diketahui apakah ayah dan anak yang berkunjung. Namun, kemungkinan besar si anak berkunjung sendiri. Rupanya tujuannya bukan Beijing."

Kementerian Unifikasi Korsel menolak berkomentar soal ini.

Kim Jong Il yang kini berusia 69 tahun mengambil alih kekuasaan setelah ayahnya, Kim Il Sung, meninggal dunia tahun 1994. Dia kini mempersiapkan suksesi dinasti Kim.

Jong Un, kini berumur 27 tahun, ditetapkan menjadi jenderal bintang empat dan mendapat posisi penting di partai komunis yang berkuasa di Korut. Hal itu menunjukkan bahwa dia dipersiapkan untuk menggantikan ayahnya.

Kim senior rupanya mempercepat rencana suksesi setelah mengalami serangan stroke pada Agustus 2008. Jong Un yang berpendidikan di Swiss mendampingi ayahnya dalam beberapa kali inspeksi beberapa bulan terakhir.

Menurut Yonhap, Jong Un meninggalkan ibu kota Korut, Pyongyang, menggunakan kereta api sebelum menyeberang melalui perbatasan timur laut ke China. Dia diduga berkunjung ke Changchun dan Jilin serta Tumen. Diperkirakan Kim Jong Un akan menemui Wakil Perdana Menteri Xi Jinping, pemimpin masa depan China, di Changchun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com