Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Jangan Sampai Kurang Vitamin D

Kompas.com - 20/05/2011, 13:54 WIB

KOMPAS.com - Vitamin D selama ini lebih dikenal sebagai mitra kalsium untuk membantu kekuatan tulang dan gigi. Padahal, riset-riset terkini mengungkap manfaat vitamin ini untuk kesehatan, salah satunya mencegah penyakit jantung dan diabetes.

"Wanita sekarang banyak yang kekurangan vitamin D karena mereka takut kena sinar matahari. Kekurangan vitamin D pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko resistensi insulin yang berujung pada diabetes," kata dr. Noroyono Wibowo, Sp.OG, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Sebuah penelitian di Massachusettes, Boston, AS terhadap 253 perempuan menunjukkan mereka yang kurang vitamin D selama kehamilan berisiko empat kali lebih tinggi melahirkan dengan operasi caesar.  Manfaat vitamin D pada ibu hamil salah satunya adalah memperkuat fungsi otot.

Beberapa riset juga mengaitkan defisiensi vitamin D dengan peningkatan risiko kanker payudara. Perempuan yang bermusuhan dengan sinar matahari juga beresiko mengalami osteoporosis atau kerapuhan tulang di usia senja. Terlebih pada wanita Indonesia yang mengonsumsi kalsium sepertiga dari yang dianjurkan. 

Sinar matahari, khususnya di pagi hari, merupakan sumber vitamin D yang melimpah dan dapat kita nikmati sepanjang tahun.  Oleh karena itu, tidak perlu takut untuk berjemur terutama pada waktu antara pukul 7-9 pagi.  Sayang sekali jika sumber alam yang gratis ini tidak dimanfaatkan untuk kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com