Selasa, 2 September 2014 18:36

KONSULTASI / ANAK - ARTIKEL

KONSULTASI ANAK

Bersama Dr.Rifan Fauzie, SpA

Dokter Spesialis Anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta. 

Mengatasi Sembelit pada Anak

Selasa, 24 Mei 2011 | 07:34 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA:

Dok, semenjak anak saya ganti susu tahap 2 di usia 7 bulan, setiap BAB selalu keras. Sampai sekarang usianya 21 bulan. Setiap hari saya sudah memberinya buah dan sayuran, tapi BAB-nya tetap keras. Bahkan sudah 5 bulan terakhir ini setiap mau BAB harus pakai Microlax.

Jika tidak, ia tidak bisa BAB. Saya sudah konsultasi ke dokter anak, menurutnya, bayi saya sembelit karena tidak diberi ASI sejak lahir. Benarkah demikian, Dok? Yang ingin saya tanyakan, apakah efek samping pemakaian Microlax dalam jangka panjang? Bisakah BAB keras itu sembuh jika frekuensi minum susunya sudah berkurang?

Retno (24), Jakarta

 

JAWAB

Mengingat saat ini usianya sudah mendekati 2 tahun, sebaiknya kurangi asupan susu formulanya. Saat ini lebih baik difokuskan pada diet/makanan saja. BAB yang keras tersebut bisa saja disebabkan faktor susu atau mungkin ada faktor-faktor lain yang mesti dicari dengan cara berkonsultasi langsung dengan dokternya. Perbanyak/persering minum air putih, diet cukup serat seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung air, toilet training yang baik.

Sebaiknya penggunaan obat-obatan seperti Microlax dihindari agar tidak timbul efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari. Mengenai pemberian ASI sejak lahir dan sembelit sampai saat ini, masih perlu diperdebatkan dan rasanya tidak akan banyak manfaatnya pembahasan tersebut, sebaiknya adalah dengan memperbaiki komposisi dietnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas.


Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui