Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Mencegah Ejakulasi Dini

Kompas.com - 26/05/2011, 08:35 WIB

TANYA :

Dok, apakah ada kiat-kiat yang bisa dilakukan agar pria tidak mengalami ejakulasi dini? Apakah  penggunaan celana dalam atau celana ketat dapat berpengaruh pada kesehatan alat kelamin pria? Mohon penjelasannya Prof, terima kasih!

(Andriy, 24, Jember)

 

JAWAB :

Untuk mencegah agar tidak terjadi ejakulasi dini, jangan lakukan aktivitas seksual yang tergesa-gesa agar cepat merasakan orgasme dan ejakulasi. Misalnya, jangan lakukan masturbasi tergesa-gesa agar tidak cepat mencapai orgasme dan ejakulasi. Tetapi, upaya ini tidak selalu berhasil mencegah terjadinya ejakulasi dini kalau penyebabnya bukan karena kebiasaan tergesa-gesa itu.

Kalau penyebab ejakulasi dini berkaitan dengan kurang berfungsinya serotonin, tampaknya tidak ada cara untuk mencegah terjadinya. Masalahnya, diperlukan pemeriksaan lebih dulu berkaitan dengan serotonin. Ini tidak mungkin dilakukan pada setiap pria hanya untuk mengetahui apakah kelak ia mengalami ejakulasi dini atau tidak. 

Yang dapat dilakukan ialah memberikan pengobatan bagi pria yang ternyata mengalami ejakulasi dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com