Selasa, 2 September 2014 21:01

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Susu Keledai Penurun Kolesterol

Penulis : Lusia Kus Anna | Selasa, 31 Mei 2011 | 09:48 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com — Susu sapi, susu kambing, atau susu kedelai mungkin sudah biasa dikonsumsi. Bagaimana dengan susu dari keledai? Para peneliti mengungkapkan bahwa susu keledai jauh lebih bernutrisi daripada susu sapi. Susu keledai juga mengandung sedikit lemak.

Para peneliti dari Universitas Naples, Italia, melakukan perbandingan antara susu keledai dan susu sapi. Hasilnya, susu keledai mengandung lebih sedikit lemak dan mengandung asam lemak omega-3 yang bisa membantu menurunkan kolesterol.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan, diketahui bahwa hewan yang diberi susu keledai memiliki kadar lemak darah trigliserida lebih rendah dan sistem metabolik mereka tidak stres.

Kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi merupakan pemicu penyempitan pembuluh arteri sehingga aliran darah tersumbat. Kondisi ini bisa memicu serangan jantung dan stroke.

Para peneliti juga menemukan bahwa susu keledai mengandung kalsium tinggi, hampir sama dengan ASI, serta bisa dipakai pada anak-anak yang alergi pada susu sapi.

Dalam sebuah presentasi pada European Congress on Obesity di Turki, para peneliti juga menyatakan bahwa konsumsi susu keledai bisa digiatkan.


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui