Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Buntel dan Gule Goreng Pak Samin

Kompas.com - 09/06/2011, 08:54 WIB

KOMPAS.com - Wisata kuliner kami ke Solo kali ini sangatlah menyenangkan, apalagi setelah mencoba sate buntel dan gule goreng alias gulgor. Awalnya saya tidak terlalu tertarik untuk mencoba gule goreng, tapi berhubung teman saya begitu ngotot mengajak saya untuk mencobanya, maka saya pun akhirnya ikut pergi juga untuk mencicipinya.

Tempat yang di maksud adalah Sate Kambing Pak Samin yang ada di perempatan Pasar Pon, Solo. Di rumah makan sederhana Pak Samin ini, kami memesan Sate Buntel dan Gule Goreng yang terbuat dari daging kambing. Katanya, sate buntel disini sangatlah terkenal. Pak Samin pun dengan ramahnya mengajak ngobrol kami, dan menjelaskan tentang sate buntel tersebut.

Pak Samin memulai usahanya sejak tahun 1972, dulunya masih menggunakan pikulan, mungkin sekitar 4 tahun. Baru deh setelah itu beliau menetap di rumah makan sederharna yang ada di perempatan Pasar Pon, Solo.

Jadi sate buntel ini terbuah dari daging kambing yang dicacah kemudian dibungkus dengan lemak tipis dari si kambing, baru deh dibakar. Dan disajikan dengan kecap, irisan daun kol dan bawang merah. Rasanya?? Waahhh mantep, enak banget lho teman-teman. Rasa daging kambingnya begitu lembut dan tidak bau prengus. Kalo dilihat-lihat sih bentuknya jadi mirip sosis he-he... tapi ini sosis kambing tradisional ala Pak Samin.

Nah yang ini pun harus Anda coba, yaitu gule goreng. Daging kambing yang dipotong-potong kemudian digoreng sampai kering. Crunchy banget rasanya, ini disajikan dengan kuah gule yang terbuat dari santan. Kuahnya saya beri sambal kemudian saya taruh daging gule goreng tersebut ke kuahnya, nyam-nyam.... yummy banget. Rasa daging yang renyah bercampur dengan kuah gule yang sedap dan gurih. Mantap abizzz. Menggorengnya pun masih menggunakan tungku dan arang. Menurut saya cara memasak dengan arang memang menghasilkan harum khas tersendiri.

Pokoknya kalau Anda berkunjung ke Solo, jangan sampai tidak mampir ke Pak Samin. Cobain Sate Buntel dan Gule Gorengnya, he-he... Harganya pun murah, Gule Goreng dibandrol Rp 17.000 per porsi, sedangkan Sate Buntelnya Rp 9.000 per tusuk, Sate Kambing Rp 17.000 per porsi. Rumah Makan Pak Samin ini buka dari jam 6.30 pagi sampai jam 3 sore saja, jadi jangan sampai kehabisan ya. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com