Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Keringat Darah Belum Diketahui

Kompas.com - 09/06/2011, 13:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah tiga tahun  Dora Indrayanti Trimurni (25) menderita penyakit aneh. Ubun-ubun Dora sering mengeluarkan butir-butir darah seperti tetesan keringat atau trombopati (kelainan fungsi trombosit).

"Ini sudah berlangsung sejak 2008. Kami belum mengetahui apa penyebab dan penyakitnya," kata Mawarni (36), ibu tiri Dora yang ditemui Kompas.com saat membeli makanan di sebuah warung di depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Kamis (9/6/2011).

Dora, kata Mawarni, sudah beberapa kali menjalani perawatan di tiga rumah sakit di kota asalnya, Padang, Sumatera Barat. "Biasanya lebih dari dua minggu dirawat. Kecuali sekali (hanya empat hari di rumah sakit)  karena kami kekurangan uang," ujar Mawarni.

Sayangnya, tak satu pun pihak RS yang mampu memberikan penjelasan tentang penyakit mahasiswi Universitas Bung Hatta, Padang, ini.

Dora lantas dirujuk ke RSCM. Sejak Rabu (8/6/2011) pukul 13.30 Dora mulai masuk ke rumah sakit rujukan pusat ini. Sekarang Dora dirawat di Kamar 805 Gedung A RSCM Jakarta.

Pihak RSCM menyebutkan, sebanyak lima dokter spesialis saat ini sedang serius menangani penyakit Dora.

Salah seorang staf RSCM yang ditemui menolak  berkomentar tentang hasil pemeriksaan sementara. "Nanti akan ada jumpa pers. Semuanya akan dijelaskan saat itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com