Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Pagar, Bikin Rumah Lebih Hidup

Kompas.com - 17/06/2011, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Mengemban fungsi sebagai "penjaga" keamanan rumah, terkadang pilihan pagar dari material besi, batu atau alumunium memberi kesan kesan kaku dan masif. Agar tidak terlihat demikian, kini mulailah mencoba memanfaatkan tanaman hidup atau akrab disebut sebagai pagar hidup.

Sentuhan tanaman akan meruntuhkan kesan masif pada pagar. Tampilan fasad rumah pun menjadi lebih nyaman dan lebih sedap dipandang dari tampak depan. Selain itu, efek kesegaran juga bisa didapatkan karena warna-warna alami tanaman akan menyegarkan pandangan mata.

Namun, untuk membuat pagar hidup dari tanaman diperlukan perhatian lebih pada lingkungan tempat tinggal. Khususnya bila lingkungan sekitar rumah cenderung dinilai kurang aman karena terletak di pinggir jalan raya. Jika demikian, pagar tanaman bisa dipadukan dengan pagar dari besi atau beton. Nah, tanaman apa yang cocok?

Anda bisa memilih tanaman merambat atau tanaman sulur. Disarankan, Anda juga memilih tanaman yang tidak membutuhkan pemangkasan rutin, seperti jenis Puring, Beluntas, Kemuning, bunga Melati atau Soka.

Namun, jika kebetulan kawasan di sekitar hunian terasa aman seperti hunian sistem klaster, Anda tidak memerlukan pagar yang tinggi. Anda bisa membuat pagar hidup dengan menata tanaman-tanaman seperti bunga sepatu atau bunga dengan keindahan warna-warni lainnya.

Agar terlihat cantik, pagar hidup tetap disesuaikan dengan tinggi rendah serta lebarnya hunian. Pagar yang terlalu tinggi dan menutupi rumah memberi kesan si pemilik rumah tertutup dan tidak suka bersosialisasi. Nah, tidak mau kan disebut demikian? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com