Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ereksi Optimal Kunci Kepuasan Seksual

Kompas.com - 23/06/2011, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar pasangan suami istri di Asia menyatakan setuju bahwa tingkat kekerasan ereksi adalah faktor penting yang menentukan kepuasan dalam berhubungan seksual. 

Menurut survei seks terbaru bertajuk Ideal Sex Survey 2011 yang dilakukan Pfizer, sebanyak 79 persen pria dan 80 persen wanita menganggap ereksi adalah elemen terpenting untuk mendapatkan pengalaman seksual yang ideal. 

Survei ini melibatkan responden pria dan wanita yang aktif melakukan hubungan seksual di 10 negara Asia. Penelitian ini melibatkan 1.658 pria Asia, termasuk 220 pria di Indonesia dan 1.624 wanita Asia yang 200 di antaranya dari Indonesia.

Dr.Heru H.Oentoeng, Sp.And dari Asosiasi Seksologi Indonesia, menjelaskan hubungan seksual yang paling ideal adalah bertemunya kedua organ intim pasangan yakni penis dan vagina.

"Masak memerlukan variasi lain seperti lidah atau jari untuk mendapat kepuasan? Karena itu diperlukan ereksi yang tangguh," katanya dalam pemaparan survei tersebut di Jakarta (23/6/2011).

Dalam survey terungkap, pria dengan tingkat kekerasan ereksi  atau Erection Hardness Score (EHS) skala 4  - yang dianalogikan dengan timun - mengaku mereka sangat yakin melakukan hubungan seksual dibanding pria dengan nilai EHS 3 atau dianalogikan dengan sosis. Perbandingannya 50 persen versus 27 persen

Bukan hanya pria, kaum wanita dari pasangan pria EHS 4 ini juga mengatakan sangat puas dengan performa seksual pasangan mereka dibanding dengan pasangan dengan EHS 3 yang tingkat kekerasannya dianalogikan dengan sosis.

"Ereksi skor 3 atau sosis sebenarnya cukup keras, dan bisa dimasukkan tetapi kurang optimal dan masih 'lari'. Sementara kalau EHS 4 kerasnya sempurna dan pada tingkat yang menyenangkan," terang Heru.

Ia menjelaskan, pria dengan tingkat EHS 3 pada umumnya memiliki kondisi kesehatan yang buruk. "Jika sistem pembuluh darahnya baik, ereksinya juga bagus. Maka, jika ereksinya hanya level 3 pasti ada tanda-tanda penyakit di balik kondisi itu," paparnya.

Penjelasan Heru sejalan dengan hasil survei yang menyebutkan 62 persen pria yang mendeskripsikan dirinya berada di level EHS 4 mengatakan kondisi kesehatan mereka baik. Sedangkan pria dengan EHS 3 cenderung sakit-sakitan dan memiliki penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, obesitas, stroke dan disfungsi ereksi. Pria dengan ereksi EHS 4 juga memiliki kepercayaan diri lebih tinggi dibandingkan dengan pria EHS 3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com