Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukan Turun, Tarif Tetap Naik

Kompas.com - 26/06/2011, 18:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah rapat semalam, PT. Kereta Api Indonesia Persero, PT. KAI Commuter Jabodetabek dan KRL Mania menyepakati bahwa tarif commuter line menjadi Rp. 7000 untuk rute Bogor - Kota dan sebaliknya.

Untuk rute lain karena lebih dekat diharapkan dapat menyesuaikan yakni kurang dari Rp. 7000. "Dibilang puas ya tidak juga. Ini tidak bisa dibilang penurunan. Tetap saja naik tarifnya," ungkap Moderator KRL Mania, Nurcahyo ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (26/6/2011).

Menurutnya, keputusan yang diperoleh setelah rapat yang cukup alot ini tetap harus diterima. Meski tidak terlalu puas, pihaknya berusaha memahami kenaikan tarif yang terjadi pada KRL AC ini.

"Yang pasti kami tetap akan memonitor terus. Apakah ada perbaikan fasilitas dan pelayanan? Karena selama satu minggu ini saja masih ada gangguan," ungkap Nurcahyo.

Ia pun meminta kepada pihak yang berwenang terhadap kereta api untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan terhadap KRL sehingga bisa diminimalisir keterlambatan jadwal dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

"Namanya penumpang kan mereka kadang nggak mau tau. Lama nunggu juga capek kan,makanya mereka jadi emosi jika terlambat lama keretanya," ungkap Nurcahyo.

Terkait dengan perbandingan jadwal KRL Ekonomi dan KRL AC, Nurcahyo meminta PT. KAI dan PT. KCJ untuk mengubahnya. Sebelumnya saat uji coba, perbandingan kedua KRL ini sebesar satu banding tujuh.

Karena itu, Nurcahyo mengusulkan agar perbandingannya diubah menjadi satu banding tiga. "Ini kan untuk mengantisipasi limpahan penumpang juga kan. Untuk pemberlakuan tarif ini dan perubahan pola operasi ini tetap 2 Juli ya," tandas Nurcahyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com