Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Bergoyang Tanpa Perencanaan Matang

Kompas.com - 27/06/2011, 03:26 WIB

Agnes Rita S dan Andy Riza Hidayat

Tarif KRL commuterline ancang-ancang diturunkan antara Rp 1.500 dan Rp 3.000. Penurunan tarif ini diberlakukan setelah adanya pertemuan antara PT KAI, PT KAI Commuter Jabodetabek, Komisi V DPR, dan perwakilan komunitas KRLmania, Sabtu (25/6) malam.

Untuk Jakarta-Bogor, semula ditetapkan Rp 9.000, tetapi akhirnya diturunkan menjadi Rp 7.000. Adapun Jakarta-Depok yang semula Rp 9.000 turun menjadi Rp 6.000.

Tarif untuk koridor Bekasi ditetapkan Rp 6.500, Jakarta-Serpong Rp 6.000, dan Jakarta-Tangerang Rp 5.500. Masing-masing tarif berlaku untuk arah sebaliknya.

Tarif commuterline ini kemungkinan akan berlaku mulai tanggal 2 Juli. Disebut kemungkinan karena persoalan tarif kereta sering kali berubah tiba-tiba, bahkan tanpa mekanisme yang jelas.

Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono mengatakan akan mengadakan uji coba tahap dua pola perjalanan baru berikut tarifnya. ”Uji coba tahap dua rencananya dilaksanakan hari Kamis (30/6) dan Jumat (1/7). Pada saat uji coba, sudah menggunakan tarif tersebut,” kata Sugeng, Minggu (26/6).

Moderator komunitas KRLmania, Nurcahyo, mengatakan, salah satu hasil pertemuan Sabtu malam adalah revisi tarif commuterline.

”Jalur Bogor tarifnya menjadi Rp 7.000. Jalur lainnya berpatokan dengan angka jalur Bogor ini,” ucapnya.

Dengan tarif lama, sebagian pengguna KRL yang semula menggunakan kereta ekonomi AC berencana beralih ke kelas ekonomi.

”Dengan tarif lama, saya bisa memilih kelas kereta. Namun, jika tarif jadi naik Rp 9.000, saya pikir lebih baik naik kelas ekonomi,” tutur Ratna (33), warga Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com