Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekali Dokter Pengetahuan Mikrobiologi

Kompas.com - 04/07/2011, 09:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Para dokter perlu dibekali dengan kompetensi dasar di bidang mikrobiologi. Hal itu untuk mengatasi keterbatasan jumlah dokter spesialis mikrobiologi klinik di daerah sehingga kasus resistensi antibiotika bisa ditekan.

Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Supriyantoro menuturkan, jumlah dokter spesialis mikrobiologi klinik di daerah sangat terbatas. Padahal, jumlah laboratorium biologi yang mampu melakukan pemeriksaan kultur dan resistensi kuman di Indonesia juga terbatas.

”Untuk mengatasi kekurangan itu perlu ada pelatihan kompetensi dasar mikrobiologi, terutama bagi dokter di daerah. Jadi, nanti para ahli mikrobiologi perlu menyusun modul panduan pelatihan,” kata Supriyantoro saat membuka Simposium ”Best Practices in Antimicrobial Resistance Mitigation”, Sabtu (2/7), di Jakarta.

Supriyantoro yang hadir mewakili Menteri Kesehatan mengatakan, resistensi antimikroba/antibiotika menjadi topik penting dalam dunia kesehatan. Resistensi yang dipicu oleh mutasi kuman ini bisa menimbulkan infeksi baru, memunculkan kejadian luar biasa pada penyakit menular tertentu, serta menimbulkan resistensi ganda. Kondisi tersebut bisa memicu kematian.

Pada 2009, Indonesia menduduki peringkat ke-8 dari 27 negara yang memiliki kasus resistensi multiantibiotika tertinggi di dunia.

Resistensi antibiotika bisa muncul karena pemberian antibiotika yang tidak tepat oleh dokter, rendahnya kualitas obat antibiotika, lamanya pemberian antibiotika, minimnya pengetahuan masyarakat dalam memakai antibiotika, dan minimnya sarana untuk mendiagnosis pemicu penyakit.

Oleh karena itu, pembekalan bagi dokter serta penguatan laboratorium mikrobiologi klinik akan menjadi fokus pemerintah. ”Dukungan dari pihak farmasi, apotek, dan pabrik obat sangat diperlukan,” kata Supriyantoro.

Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) Sam Suharto menyatakan, infeksi saat ini muncul dengan variasi yang semakin beragam. Oleh karena itu, kehadiran ahli mikrobiologi mutlak diperlukan di rumah sakit guna menangani infeksi, sekaligus menahan meluasnya resistensi terhadap antibiotika. (ARA)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com