Kamis, 18 Desember 2014 08:03

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Efek Buruk Kedelai buat Pria

Rabu, 6 Juli 2011 | 06:24 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

TANYA :

Prof Wimpie Yth, saya pernah mendapatkan informasi bahwa makanan-makanan yang mengandung estrogen seperti kedelai tidak baik untuk laki-laki yang sedang dalam masa pertumbuhan. Terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung kedelai seperti susu kedelai, tempe atau tahu bisa memengaruhi keseimbangan hormon dan pertumbuhan organ seksual pria. Apakah itu benar? Bagaimana sebaiknya agar pertumbuhan organ seksual lelaki bisa maksimal. Mohon penjelasannya Prof.  Terima Kasih. 

Raihan, 28, Tangerang

 

JAWAB :

Hormon estrogen yang tinggi tentu saja berakibat buruk bagi pria, bahkan bagi wanita juga. Karena itu kadar hormon termasuk estrogen harus berada dalam nilai optimal untuk umur tertentu. Beberapa makanan memang mengandung bahan yang sama seperti estrogen, antara lain kedelai. Jadi, bukan hanya kedelai saja.

Memang ada penelitian yang menunjukkan efek buruk kedelai pada pria, yaitu peningkatan hormon estrogennya, yang lebih jauh mengganggu fungsi seksual reproduksi. Masalahnya, kandungan bahan estrogen tidak selalu sama pada sermua kedelai karena dipengaruhi oleh keadaan tanah dan iklim.

Tetapi jangan terlalu khawatir, sepanjang tidak mengonsumsi kedelai atau bahan mengandung kedelai berlebihan.    






Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui