Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Terselubung Kayu Manis

Kompas.com - 12/07/2011, 16:11 WIB

Kompas.com - Kayu manis, dalam bahasa Inggris disebut cinnamon, memiliki rasa enak dan sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Biasanya dipakai untuk mengobati kram, perut kembung, sakit kepala, dan sakit karena artritis.

Ada baiknya Anda menyediakan kayu manis di rumah baik dalam bentuk batang atau bubuk. Jangan lupa pula madu. Biasanya madu menjadi campuran untuk mencairkan bubuk kayu manis. Kalau pun tidak digunakan sebagai obat, Anda dapat memakainya sebagai bahan pembuat kue.

Berikut adalah beberapa aplikasi penggunaan kayu manis sebagai pengobat herbal.

1. Untuk sakit karena artritis

Satu sendok makan madu ditambah setengah sendok teh bubuk kayu manis. Campuran itu diminum sebelum sarapan. Minumlah setiap hari selama satu bulan. Sakit karena artritis akan berkurang.

2. Segelas teh kayu manis

Anda sakit perut? Larutkan satu setengah sendok teh kayu manis dalam satu cangkir air hangat. Tutup cangkir dan biarkan selama 15 menit, kemudian minum seperti halnya teh biasa. Dapat juga untuk mengobati diare.

3. Obat batuk

Untuk batuk yang berhubungan dengan flu, masak satu panci kecil air hingga mendidih lalu masukkan satu batang kayu manis sampai mendidih. Setelah dua menit keluarkan batang kayu manis dari air dan gunakan air rebusan untuk menyeduh teh herbal, misalnya teh hijau. Minum dua kali sehari.

4. Sakit kepala dan migrain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com