Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Benar, Minum Harus 8 Gelas Sehari?

Kompas.com - 15/07/2011, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Selama ini kita selalu mendengar bahwa minum air putih penting untuk kesehatan. Bahkan, ada patokan standar mengenai berapa jumlah air minum yang kita konsumsi setiap hari, yaitu delapan gelas. Namun sebuah artikel di British Medical Journal memaparkan fakta baru: minum delapan gelas air sehari justru bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Margaret McCartney, dokter umum yang berbasis di Glasgow, mengatakan bahwa manfaat minum air seringkali dibesar-besarkan oleh organisasi-organisasi dengan kepentingan pribadi, misalnya produk air minum kemasan. Minum ketika kita tidak haus, menurutnya, bisa mengacaukan konsentrasi.

Manfaat minum sejumlah air putih juga disebut-sebut hanya mitos, karena tidak ada bukti nyata di balik pernyataan bahwa air putih bisa mencegah beragam masalah kesehatan. Menurut Dr McCartney, konsumsi air yang berlebihan bisa mengakibatkan seseorang menjadi kurang tidur, bahkan bukannya mencegah dari kerusakan ginjal tetapi justru menimbulkannya.

Pendapat umum yang mengatakan bahwa minum air dapat menekan nafsu makan juga disanggah oleh Profesor Stanley Goldfarb, pakar metabolisme dari University of Pennsylvania. Karena, hal ini pun tidak ada buktinya.

"Kalau anak-anak minum lebih banyak air putih daripada soda yang justru memberikan kalori tambahan, itu bagus. Tapi tidak ada bukti bahwa minum air putih sebelum makan mampu mengurangi nafsu makan," tuturnya.

Nah, jadi mana yang benar? Mungkin ada baiknya kita memastikan saja bahwa kita tidak kekurangan minum. Bagaimanapun, kurang minum juga tak baik untuk kesehatan. Untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum air atau belum, silakan klik Tanda Anda Belum Cukup Minum Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com