Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2011, 15:58 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - PT.Sari Husada produsen produk nutrisi ibu dan anak meresmikan fasilitas riset dan pengembangan (Research & Development / R&D) berskala internasional di Yogyakarta, Senin (18/7/2011).

Fasilitas ini merupakan bagian dari jaringan pusat penelitian Danone yang diantaranya berlokasi di Belanda dan Perancis.  Menurut Dr. Jacques Bindel, regional scientific and R&D Director, Asia Pasifik Danone Baby Nutrition, dalam dua tahun terakhir, pusat riset Sari Husada ini telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga dan universitas di Indonesia untuk mengetahui status kesehatan dan nutrisi ibu dan anak.

"Kami telah melakukan studi yang disebut NutriPlanet baik berdasarkan survei atau wawancara langsung dengan pakar-pakar di Indonesia. Tujuannya adalah mendapatkan rekomendasi pengembangan produk nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal," katanya.

Ia menjelaskan hasil NutriPlanet menunjukkan status kesehatan perempuan usia produktif masih memprihatinkan. Sekitar 16 persen wanita dari kelompok menengah ke bawah menderita kekurangan energi kronik dan 11 persen dari golongan menengah atas.

"Bukan hanya kekurangan energi, mereka juga kekurangan protein dan hal itu terjadi di semua status ekonomi," katanya.

Status gizi calon ibu yang rendah itu, menurut Bindels akan berpengaruh pada status kesehatan bayi dan anak. "Bayi bisa lahir dengan berat badan rendah dan tinggi badannya tidak optimal. Anak yang stunting merupakan ciri anak kurang gizi," katanya.

Boris Bourdin, presiden direktur Sari Husada menjelaskan program-program riset nutrisi tersebut akan dipakai untuk mengembangkan produk nutrisi yang berkualitas sesuai kondisi lokal. Salah satunya adalah SGM Soya untuk anak yang alergi susu sapi yang merupakan hasil penelitian bersama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

"Tujuan dari pusat R &D ini bukan untuk mengejar target produk baru tetapi agar lebih mengerti persoalan termasuk juga secara berkala meninjau formulasi produk apakah sudah sesuai dengan kebutuhan nutrisi konsumen," kata Bourdin.

Ia menjelaskan produk-produk Sari Husada yang sekarang beredar di pasaran adalah produk relevan dengan penelitian terkini. Sari Husada yang sudah berdiri sejak tahun 1954 ini sejak tahun 2007 Sari Husada bergabung dengan Danone Baby Nutrition.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com