Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Yoga Saat Jeda Olahraga

Kompas.com - 18/07/2011, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Latihan yoga punya banyak manfaat. Termasuk bagi atlet atau penggemar olahraga tertentu yang menimbulkan sejumlah risiko pada bagian tubuh. Berlatih yoga merelaksasi pikiran termasuk juga otot-otot yang lelah karena berolahraga.

Praktisi dan pengajar Yoga, Devi Asmarani mengatakan ada jenis yoga khusus untuk penggemar olahraga tertentu, atau untuk atlet. Gerakan yoga juga dibedakan sesuai kebutuhan tubuh dan jenis olahraga. Anda yang gemar berolahraga sepakbola, tenis, jogging secara rutin tetap butuh yoga.

"Penggemar olahraga tenis membutuhkan latihan yoga yang berbeda dengan sepakbola. Masalah yang dialami juga berbeda. Yoga untuk atlet atau olahraga yang sifatnya repetitif tujuannya untuk menyeimbangkan kembali otot-otot, serta stuktur tubuh yang berubah," jelas Devi di sela peluncuran bukunya berjudul Yoga untuk Semua, Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman di toko buku Gramedia Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (16/7/2011) lalu.

Devi menjelaskan, setiap jenis olahraga menggunakan bagian tubuh yang berbeda untuk melakukan gerakan repetitif. Sejumlah masalah dialami karena penggunaan bagian tubuh yang rutin ini. Atlet atau penggemar olahraga sepakbola misalnya, cenderung mengalami masalah di lutut. Berbeda dengan pemain tenis yang seringkali bermasalah dengan bahu  dan siku. Sementara penggemar jogging atau pelari, bermasalah dengan betisnya.

"Setiap masalah ini diatasi dengan menyeimbangkan kembali otot melalui yoga. Gerakan yoga yang diaplikasikan juga berbeda menyesuaikan kebutuhan. Ada gerakan yoga khusus untuk atlet atau penggemar berat sejumlah olahraga," jelas Devi.

Biasanya, yoga untuk atlet atau penggemar berat olahraga tertentu dilakukan saat jeda olahraga. Yoga dilakukan saat tidak sedang berlatih sepakbola, tenis, atau berlari. Dengan begitu olahraga lebih lengkap dan seimbang, fisik dan mental, berkat yoga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com