Selasa, 21 Oktober 2014 23:42
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / PENYAKIT DALAM - ARTIKEL

KONSULTASI PENYAKIT DALAM

Bersama Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH

Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Infonesia ( PAPDI) dan Pengurus PAPDI Cabang Riau. Berminat dalam bidang Healthy Life, Healthy Aging, dan Diabetes Mellitus.

Mengembalikan Tensi agar Normal Kembali

Senin, 25 Juli 2011 | 17:14 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

TANYA :

Dok, saya perempuan berusia 26 tahun. Ketika saya melakukan pengukuran tensi darah, tensi saya 130/90. Dokter yang mengukur tekanan darah mengatakan bahwa saya termasuk prehipertensi. Ada riwayat tekanan darah tinggi dari nenek saya. apa yg sebaiknya saya lakukan untuk bisa menurunkan tensi tersebut pada posisi normal? Makanan apa yang harus saya hindari? Terimakasih atas jawabannya.

Vivi, 26, Yogyakarta.

 

JAWAB :

Mbak Vivi yang baik, memang tekanan darah yang optimal adalah <120/80 mmHg. Ukuran tekanan darah antara 120-140/80-90 mmHg adalah termasuk prehipertensi. Dengan keadaan prehipertensi, maka harus mulai dapat mengelola diet atau kebiasaan makan dan harus rutin berolahraga.

Kebiasaan dan gaya hidup sehat harus sudah dilakukan. Kurangi konsumsi makanan bergaram, berbumbu, fast food di food court, berlemak. banyak makan buah sayur serta olah raga minimal 4 kali seminggu dengan minimal 30 menit per kali olah raga.


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui