Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disfungsi Ereksi, Bukan Hambatan Ejakulasi

Kompas.com - 27/07/2011, 18:11 WIB

TANYA :  

Prof, akhir-akhir ini saya sering mengalami gagal ejakulasi, walau pada permulaannya ereksi dan penetrasi berjalan secara normal. Namun saat mendekati klimaks, ereksi saya menurun dan tidak bisa melanjutkan lagi penetrasi. Apakah ini merupakan gejala impotensi? Bagaimana cara mengatasinya? Mohon penjelasannya Prof!  Terima Kasih.  

Yan Hardi, 53, Tangerang

 

JAWAB :

Kalau ereksi hilang ketika melakukan hubungan seksual sehingga tidak sampai mengalami orgasme dan ejakulasi, berarti gangguannya pada ereksi. Kalau keadaan ini selalu atau sering terjadi, berarti Anda mengalami disfungsi ereksi. Berbeda kalau hambatan hanya terjadi pada ejakulasi, sementara ereksi tetap baik. Ini yang disebut hambatan ejakulasi atau ejakulasi retardata.

Disfungsi ereksi dapat terjadi karena penyebab tertentu. Penyebab ini harus diketahui dan diatasi dengan penanganan yang benar. Selain pengobatan terhadap penyebabnya, fungsi ereksi harus dikembalikan dengan bantuan pengobatan juga. Sampai saat ini obat golongan penghambat enzim PDE5 merupakan obat yang paling efektif mengembalikan fungsi ereksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com