Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Smartphone" Memaksa Mata Kerja Keras

Kompas.com - 27/07/2011, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Ponsel pintar atau "smartphone" terbukti dapat mengganggu penglihatan karena memaksa mata bekerja keras. Demikian hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Optometry and Vision Science edisi Juli 2011.

Menurut hasil riset para ahli dari SUNY State College of Optometry di New York City AS, ponsel pintar cenderung memaksa mata mereka bekerja ekstra keras dibandingkan saat membaca buku atau koran. Sebab melalui ponsel pintar, orang menjadi banyak menghabiskan waktu untuk membaca dan mengirimkan pesan singkat (SMS), serta berinternet.

Penelitian tersebut melibatkan sekitar 130 sukarelawan yang rata-rata berusia 23 tahun. Saat membaca koran, buku, atau majalah cetak, rata-rata jarak mata ke objek adalah 40,64 sentimeter. Sedangkan rata-rata orang membaca atau mengirim pesan pendek hanya sejarak 35,56 sentimeter. Pada beberapa orang malah ditemukan jaraknya lebih dekat dari itu, sampai 17,78 sentimeter.

Penelitian juga mengatakan bahwa beban tambahan itu akan menyebabkan keluhan-keluhan seperti sakit kepala, mata kering, mana menegang, rasa tak nyaman, bahkan rabun. (Healthday/Gloria Samantha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com