Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kudus-Rembang Tak Selesai

Kompas.com - 29/07/2011, 03:25 WIB

KUDUS, KOMPAS - Pelebaran jalan di jalur pantai utara Jawa Tengah bagian timur, ruas Kudus-Rembang, dipastikan belum selesai pada masa arus mudik akhir Agustus nanti. Hingga H-10 Lebaran, pekerjaan yang selesai hanya 55-60 persen. Pasalnya, proyek itu masih terkendala sengketa lahan dan lelang.

Hingga Kamis (28/7), pembetonan jalan di ruas Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, baru mencapai tahap pembukaan lahan dan pengerukan jalan. Meskipun begitu, Dinas Bina Marga Jawa Tengah menjamin perbaikan jalan tak mengganggu lalu lintas pantura.

”Khusus pembetonan di Terban akan kami garap 300 meter dahulu dan rampung H-10 Lebaran. Arus lalu lintas akan dialihkan di samping kanan dan kiri jalan yang sedang dibeton,” tutur Pejabat Pembuat Komitmen Trengguli, Kudus, Pati, dan Rembang Dinas Bina Marga Jateng Henugraha Puji P.

Sementara itu, proyek perbaikan 13 ruas jalan di Kabupaten Magelang juga dipastikan belum akan tuntas pada H-7 Lebaran. Ruas-ruas jalan yang kini masih dalam perbaikan itu berada di 11 kecamatan, sebagian di antaranya adalah jalan yang akan dipadati pemudik karena menjadi akses menuju tempat wisata dan pusat oleh-oleh.

Demikian dikemukakan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Energi, dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Magelang Sutarno.

Di Tegal, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Khairul Huda menyatakan, pihaknya sudah mulai menyiapkan tujuh ruas jalur alternatif untuk mengurai kepadatan di jalur pantura saat arus mudik akhir Agustus mendatang. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan posko keamanan dan posko istirahat. (HEN/EGI/WIE/WHO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com