Kamis, 24 Juli 2014 13:16

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

10 Nutrisi Peningkat Libido

Penulis : Bramirus Mikail | Jumat, 29 Juli 2011 | 10:47 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com — Bagaimana jika Anda diberi panduan tentang makanan yang tak hanya lezat, tetapi juga membantu meningkatkan gairah seks? Bagaimana jika Anda diperingatkan untuk menjauhi makanan yang menyebabkan impotensi atau infertilitas?

Sebagai contoh, tubuh yang kekurangan kandungan zinc (seng) akan mengalami masalah ketidaksuburan. Jika Anda mengonsumsi teh atau kopi, Anda harus menyadari fakta bahwa kafein dapat menyebabkan rendahnya dorongan seks. Selain itu, stres dalam pekerjaan juga terbukti memberi kontribusi terhadap penurunan tingkat energi dan minat dalam melakukan hubungan seksual.

Ada sejumlah nutrisi tertentu dalam makanan yang dapat menaikkan libido dan kehidupan fantasi seks Anda. Berikut ini adalah beberapa nutrisi dalam makanan yang dapat meningkatkan gairah seksual Anda dan pasangan:

1. Antioksidan: Antioksidan banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar. Zat ini memberikan perlindungan dari kanker serviks dengan menetralisir radikal bebas yang disintesis tubuh.

2. Vitamin A: Vitamin ini ditemukan dalam wortel, kuning telur, mentega, hati, dan keju. Nutrien ini diperlukan untuk menjaga jaringan epitel (terdiri dari lembaran sel yang menutupi permukaan eksternal tubuh) dari rahim dan vagina supaya selalu dalam kesehatan yang baik.

3. Vitamin B: Wanita yang sedang berusaha hamil harus menjalankan diet yang kaya asam folat dan vitamin B2. Asam folat dapat mencegah anemia pada ibu hamil karena memberi kontribusi untuk sintesis sel-sel darah yang sehat. Sementara vitamin B2 mendukung perkembangan sel-sel darah merah dan antibodi. Hal ini juga mendukung perkembangan janin yang sehat. Sumber asam folat dan vitamin B2 meliputi pisang, daging, telur, hati, ragi roti, bayam, ikan, susu, gandum, kacang, yoghurt, keju cottage, selada, kacang-kacangan, bayam, alpukat, brokoli, dan jeruk.

4. Vitamin C: Vitamin C mempunyai manfaat khusus untuk sistem reproduksi laki-laki dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. Dalam kondisi tertentu yang disebut aglutinasi, sperma tidak dapat mencapai ovum. Vitamin C mencegah terjadinya kondisi seperti itu. Jeruk, blackcurrant, buah kiwi, stroberi, dan paprika adalah sumber makanan kaya vitamin C.

5. Vitamin E: Vitamin ini ditemukan dalam minyak bunga matahari dan beberapa minyak nabati lainnya. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan masalah neuromuskular dan anemia. Makanan yang kaya akan vitamin E di antaranya benih gandum, alpukat, biji, margarin, dan kacang-kacangan.

6. Zinc  (seng) : Zinc sangat penting untuk meningkatkan libido karena mendorong produksi sperma. Tiram merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan zinc (seng). Defisiensi zinc erat kaitannya dengan dorongan seks rendah pada wanita dan jumlah sperma rendah pada pria. Beras merah, kalkun, daging merah tanpa lemak, kerang, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber makanan yang mengandung zinc.

7. Selenium: Selenium memfasilitasi produksi ovum dan sperma. Bubur gandum, daging, beras merah, dan jeroan merupakan sumber makanan yang kaya selenium.

8. Fitoestrogen: Zat ini mirip dengan hormon estrogen wanita. Anda dapat menemukannya dalam kacang kedelai dan produk kedelai seperti tahu atau tempe. Fitoestrogen dikenal karena bersifat sebagai pencegah kanker.

9. Asam lemak esensial: Produksi sperma didukung oleh asupan asam lemak esensial seperti asam linoleat. Sumber asam lemak esensial di antaranya kacang-kacangan, bunga matahari, dan minyak nabati lainnya.

10. Mangan: Hormon estrogen pada wanita membutuhkan mangan untuk metabolismenya. Kekurangan mangan dapat menyebabkan kemandulan pada wanita. Anda dapat menemukan jumlah yang cukup mangan dalam makanan seperti gandum, bayam, sereal gandum, kismis, kacang, gandum, nanas, dan teh.

Kita harus belajar tentang korelasi antara makanan dan kesehatan seksual. Jahe, bawang putih, bawang, wortel, ginseng dikenal karena kualitas mereka dalam peningkatan kepuasan seksual. Cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan seksual adalah melalui asupan makanan. Jika Anda mengandalkan obat-obatan seperti Viagra atau pil energi lain, pertimbangkan pengaruhnya terhadap perubahan diet normal Anda.

 


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui