Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis Puasa

Kompas.com - 31/07/2011, 03:39 WIB

Puasa jenisnya banyak sekali. Selain puasa wajib pada bulan Ramadhan, ada puasa sunah Senin-Kamis, yaitu puasa hanya pada hari Senin dan Kamis. Orang Jawa mengenal beberapa jenis puasa, seperti puasa mutih, yang hanya makan nasi putih dan minum air putih selama beberapa hari. Selain itu, masih ada puasa ngebleng, puasa ngrowot, dan sebagainya.

Hampir semua agama dan kepercayaan mengenal puasa. Umat Buddha menjalankan puasa atau yang mereka sebut dengan pantang. Dalam satu hari mereka hanya makan sayur dari pagi hingga siang hari. Setelah itu dilanjutkan dengan tidak makan dan minum hingga malam hari.

Dalam agama Hindu ada yang namanya upawasa, yaitu tidak makan dan tidak minum sepanjang hari. Teman-teman yang beragama Katolik mengenal puasa dengan makan kenyang satu kali sehari. Mereka juga mengenal puasa pantang 40 hari selama masa pra-Paskah (menjelang Paskah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com