Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Puasa di Rumah Hindarkan Bobot Naik?

Kompas.com - 01/08/2011, 11:27 WIB

KOMPAS.com — Apa yang paling Anda sukai dari masa berpuasa pada bulan Ramadhan ini? Apakah karena Anda merasa menjadi lebih sabar dan toleran dengan orang-orang di sekitar Anda? Ataukah karena Anda jadi terdorong untuk lekas pulang ke rumah untuk berbuka puasa bersama keluarga?

Sekadar inspirasi saja, berbuka puasa bersama di rumah ternyata tak hanya mengangkat lagi konsep back to family, tetapi juga membuat Anda lebih sehat. Menikmati menu berbuka atau sahur yang dimasak oleh ibu atau asisten rumah tangga membuat Anda mendapat pilihan menu yang lebih sehat. Bahkan, bila Anda tetap berpegang pada menu rumahan ini, maka berat badan Anda tak akan naik, tidak seperti ketika terus-menerus jajan di luar yang gizi dan porsinya kurang terjaga.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition, kita cenderung akan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang saat di rumah ketimbang saat jajan di luar. Hal ini bisa kita kaitkan dengan kondisi kita saat berpuasa. Ketika buka puasa di kantor, Anda pasti akan memilih apa yang tersedia di warung-warung sekitar kantor. Sementara itu di rumah, Anda akan memikirkan makanan apa yang membuat Anda tetap segar, terpenuhi kandungan seratnya, dan memberikan cukup energi yang dibutuhkan.

Studi ini berangkat dari data mengenai para perempuan yang melaporkan bagaimana kondisi emosional mereka sebelum dan sesudah makan. Ternyata, kita cenderung menyiapkan makanan yang lebih sehat di rumah, dan secara emosional merasa lebih dihargai setelah mengonsumsi makanan tersebut. Siklus dari penguatan yang positif ini ternyata lebih terasa di rumah ketimbang di tempat lain.

"Rumah adalah tempat bagi seseorang merasa paling puas, dan emosi yang positif ini sering dihubungkan dengan makanan rumahan yang bisa saja merupakan bagian dari menu makanan yang lebih sehat," demikian paparan studi tersebut.

Oleh sebab itu, orang cenderung membuat pilihan menu yang lebih sehat di rumah daripada saat makan di luar. Demikian menurut Profesor Laurette Dubé, yang mengadakan studi ini. "Rumah itu memenuhi kebutuhan makan yang sehat, dan pilihan makanan yang lebih sehat itu memicu dan dipicu oleh emosi yang lebih positif," ungkapnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda lebih suka buka puasa dengan jajan di luar, atau bersama keluarga di rumah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com