Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemeriksaan Gigi Bisa Prediksi Diabetes

Kompas.com - 01/08/2011, 13:53 WIB

KOMPAS.com – Ingin tahu apakah Anda rentan menderita diabetes? Sebaiknya, segera periksakan gigi Anda ke dokter, untuk mengetahui apakah termasuk kelompok yang berisiko besar atau tidak.

Para peneliti di Columbia University College of Dental Medicine, New York baru-baru ini menyatakan bahwa pemeriksaan gigi secara rutin sebenarnya dapat memprediksi risiko diabetes serta mencegah seseorang mengalami penyakit yang lebih parah.

Penemuan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa penyakit periodontal merupakan salah satu komplikasi awal diabetes. Penelitian ini sendiri melibatkan 600 orang relawan, namun belum diketahui apakah para relawan ini menderita diabetes atau pra-diabetes.

Hasil kajian menunjukkan, dari 600 relawan, 530 di antaranya ditemukan berada pada risiko menderita diabetes. Selain itu, mereka juga mempunyai risiko mengalami komplikasi penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi dan obesitas. Hal ini diketahui setelah relawan tersebut diminta untuk menjalani pemeriksaan periodontal dan tes darah.

Para peneliti mengatakan, tanda-tanda diabetes atau pra-diabetes bisa dilihat dari berapa banyak jumlah gigi yang tanggal serta prosentase periodontal pocket (kantung pada gusi) yang dalam. Peneliti berharap dapat menerapkan pemeriksaan periodontal dalam mendiagnosis penyakit diabetes sebelum mengambil langkah yang lebih jauh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com