Selasa, 22 Mei 2018

Health

Jalan Kaki yang Efektif Bakar Kalori

KOMPAS.com - Banyak orang yang mengira berlari akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan berjalan kaki. Tetapi dalam sebuah percobaan ternyata dengan teknik yang tepat, kita dapat membakar kalori lebih banyak dengan cara melangkahkan kaki.

Ini merupakan kesimpulan dari seorang penulis dari majalah Runner's World yang melakukan perbandingan antara kedua aktivitas kardio tersebut. Dengan menggunakan monitor detak jantung, ia berlari di atas treadmill dalam 6 kecepatan berbeda. Kemudian setelah jeda sejenak, ia mengulanginya namun dengan berjalan kaki.

Ia menemukan bahwa ketika langkah kakinya melebihi 5 mil per jam (mph), berjalan kaki menjadi lebih berat daripada berlari. Hal itu ditunjukkan oleh tingkat detak jantung (heart rate).

Tak bisa dipungkiri, berjalan lebih dari 5 mph sangat sulit, tetapi jika kondisi itu bisa diterima oleh persendian kita, tak perlu gengsi jika Anda tak bisa  mengimbangi kecepatan lari rekan Anda.

Berjalan dengan kecepatan tinggi akan memaksa tubuh bergerak dalam cara yang tidak sesuai dengan gerakan yang seharusnya sehingga meningkatkan gesekan internal.

Memang, berlari membakar kalori lebih banyak. Tetapi berjalan juga merupakan alternatif  yang baik untuk membakar kalori. Intinya adalah melakukan sesuatu yang menantang tanpa membuat tubuh kelelahan.

Editor : Asep Candra