Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Kuliner Jepang di Asuka

Kompas.com - 06/08/2011, 15:58 WIB

KOMPAS.com – Pengalaman kuliner di Asuka Japanese Dining ibarat melangkah ke kedai sushi di Jepang. Wajah-wajah oriental khas perawakan orang Jepang menyambut tamu di belakang sushi bar.

Ya, menu-menu di restoran ini ditangani langsung oleh koki-koki profesional asal Jepang. Bahkan buku menu penuh dengan tulisan kanji Jepang. Seperti sedang belajar budaya Jepang melalui kuliner. Para koki Jepang itu pun dengan ramah menyapa tamu.

“Bisa saja kalau mau mengobrol langsung dengan chef. Tapi mereka tidak bisa Bahasa Inggris dan sedikit Bahasa Indonesia,” kata salah satu supervisor waiter di Asuka sambil tertawa.

Jika masih penasaran ingin sedikit mengenal kuliner Jepang ini, cukup bertanya pada supervisor waiter yang akan piawai menjelaskan aneka menu Jepang tersebut. Anda juga bisa bertanya pada koki-koki asal Indonesia yang juga berada di belakang sushi bar.

Kompas.com berkesempatan mencicipi menu-menu di restoran yang terletak di Hotel JW Marriott, Mega Kuningan, Jakarta. Pihak restoran menyajikan “Weekend Family Set Menu” berupa hidangan lengkap yang terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup.

Sebagai sakizuke atau hidangan pembuka adalah menu tenar “Chawanmushi”, telur yang dikukus sehingga bertekstur seperti puding. Lalu dilengkapi denga potongan udang dan jamur.

Berlanjut dengan hidangan sashimi dan sushi yaitu “Hanjitsu No”. Dalam satu sajian piring, Anda akan menikmati 3 potong sashimi, 3 potong sushi, dan 3 potong sushi roll. Bahan ikan yang digunakan tergantung dari ketersediaan ikan segar yang ada hari itu. Saat itu, Kompas.com mendapatkan hotate atau scallop, shake atau salmon, dan maguro atau tuna, semuanya ini disajikan dalam bentuk sashimi.

Sebagai sushi antara lain makimono dan kani maki. Terutama saat menggigit sashimi, terasa sekali kesegaran dan kualitas tinggi yang dipakai sebagai bahan ikan di restoran ini. Terang saja, mereka mengimpor langsung ikan dan bahan laut lainnya dari pasar ikan di Jepang.

Menu selanjutnya adalah yakimono atau hidangan yang dipanggang. Ikan sebelah atau flat fish menjadi andalan menu bernama “Karei Potato Yaki”. Ikan dipanggang dengan kentang di atasnya. Ikan ini memang unik, saat kecil ia layaknya ikan pada umumnya, memiliki dua mata di kedua sisi dan berenang secara vertikal. Namun seiring waktu, kedua mata berada di sisi yang sama dan berenang secara horisontal.

Lalu “Tomato To Tofu Sarada” yang terdiri dari tomat jepang dalam ukuran kecil seperti tomat apel, tahu jepang yang lembut, dan daun selada. Semua bahan kemudian dicampur dengan saus kedelai, ibarat menu salad.

Agemono atau bahan yang digoreng dengan minyak penuh menjadi menu selanjutnya. “Tori Karaage” atau ayam potong kecil-kecil dibalut tepung dan digoreng kering nan renyah, bisa jadi akan memenangkan menu favorit bagi anak Anda.

Nah, saatnya mi jepang. Dalam set menu, Anda akan mendapatkan “Hiyashi Soumen” berupa mi roumen dingin dengan saus Jepang. Mulut pun menjadi dingin dan bersiap dengan hidangan penutup yaitu Kudamono Jelly, yaitu puding dengan potongan buah. Paket lengkap seharga Rp 333.000++ per orang tersebut sudah termasuk pilihan miniman teh hijau Jepang atau teh merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com