Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Tepat, Mood pun Enak

Kompas.com - 09/08/2011, 13:26 WIB

Bayangkan setelah Anda baru mengalami hari yang buruk dan di perjalanan pulang terpaksa mengarungi kemacetan berjam-jam. Alangkah menyenangkannya ketika membuka pintu rumah aroma masakan yang sedang diolah menyambut Anda. Seketika mood pun membaik.

Makanan memang punya kemampuan mempengaruhi suasana hati Anda . Tapi itu tergantung pada bagaimana Anda menggunakannya. Ada makanan tertentu yang akan menambah positif dalam pikiran Anda dan ada juga ada beberapa mkanan yang akan menghasilkan efek sebaliknya!

Sebelum mengumpulkan daftar makanan yang bisa mengembalikan mood, simak peran masing-masing neurotransmiter yang terdapat dalam makanan ini:

- Serotonin

Serotonin berasal dari triptopan (asam amino) dan dilepaskan setelah kita makan gula dan pati. Efek dari serotonin adalah meningkatkan suasana hati, menenangkan dan mengurangi depresi. Peningkatan kadar serotonin akan memuaskan keinginan untuk ngemil serta mengendalikan nafsu makan.

- Epinephrine and Dopamine

Neurotransmiter ini berasal dari asam amino tirosin dan dilepaskan setelah asupan protein seperti daging, unggas, produk susu, dan kacang-kacangan. Fungsi dari neurotranasmiter ini adalah meningkatkan kewaspadaan dan fokus mental.

Tips makanan untuk meningkatkan mood :

- Makan karbohidrat yang sehat

Karbohidrat tidak selalu buruk. Coba perhatikan orang yang melakukan diet ketat dan menghindari semua jenis karbohidrat. Mereka akan tampak bosan, tertekan, dan gelisah. Faktor penyebabnya adalah kekurangan triptopan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com