Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir KB Membuat Rahim Kering

Kompas.com - 10/08/2011, 14:44 WIB

TANYA:

Dok, saya merencanakan menunda momongan dan mengkonsumsi pil KB secara rutin, tapi saya dengar dari rekan mitosnya pil KB menyebabkan Rahim Kering, apa benar dok. Untuk menunda momongan, kontrasepsi seperti apa yang paling baik. Terima kasih atas penjelasannya.

(Unik Prasasti, 21, Wonosobo)

JAWAB:

Upaya menunda kehamilan memang memiliki resiko gangguan pada organ reproduksi. Tetapi dengan pemilihan metode yang tepat maka resikonya menjadi minimal. Mengonsumsi pil KB merupakan salah satu metode untuk menunda kehamilan.  

Yang dimaksud dengan rahim kering mungkin tidak haid. Karenanya kita dapat memilih pil KB yang tidak menghambat menstruasi. Ibu tidak perlu khawatir, tidak akan kering rahim nya. Silahkan ibu hubungi bidan atau dokternya, di sana ibu akan mendapatkan penjelasan secara lengkap. Kalau bisa jangan terlalu lama menunda momongannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com