Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Buka Puasa untuk yang Maag

Kompas.com - 10/08/2011, 15:42 WIB

Tanya:
Dok, saya mengidap maag sejak remaja, saat mulai mengenal makanan yang "aneh-aneh", dan jam makan yang tidak teratur. Saat puasa begini, makanan apa yang sebaiknya saya
konsumsi? Biasanya saya berbuka dengan teh manis dan kolak, selang 15 menit atau setengah jam saya baru makan besar
. (Tiara, via roseprincess1986@....)

Jawab:
Bagi pengidap sakit maag yang ingin berpuasa, makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah makanan yang tidak merangsang lambung, yaitu yang tidak terlalu pedas, tidak terlalu asam, bahan makanannya tidak menghasilkan gas dalam saluran cerna, tidak mengandung kafein, atau soda.

Selain itu porsi makan juga harus diperhatikan. Sebaiknya Tiara untuk makan dalam porsi kecil dan sering. Bentuk makanan sebaiknya juga dalam bentuk yang lunak dan lembut.

Yang perlu diingat usahakan jangan stres, karena stres akan meningkatkan sekresi asam lambung yang tentunya akan memperparah sakit maag yang sudah diderita. Selama mencoba, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com