Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara agar Si Kecil Kebal Penyakit

Kompas.com - 12/08/2011, 04:20 WIB

KOMPAS.com — Seorang anak tidak terlahir dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat sehingga perlu ada upaya untuk menguatkannya. Saat berada di dalam rahim ibu, seorang bayi sangat terlindungi. Akan tetapi, ketika lahir ke dunia, ia akan terpapar berbagai macam bakteri dan virus. Inilah alasan bayi rentan terhadap berbagai penyakit.

Ketika beranjak dewasa, jika diberi asupan makanan yang tepat, sistem imunnya akan terus menguat. Membatasi secara ketat atau terlalu protektif terhadap anak-anak memang tidak  baik karena hal itu justru akan menghambat perkembangan kekebalan tubuh.

Namun, ada pula hal-hal yang harus dijaga dan dipelihara pada masa tumbuh kembang mereka. Sebab, jika tidak, kekebalan tubuh anak akan melemah sehingga mereka jadi rentan terhadap penyakit.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan orangtua dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh anak-anaknya. 

1. Pastikan diberi ASI

Sudah dibuktikan oleh para peneliti bahwa air susu ibu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Tak hanya itu, ASI juga memiliki keistimewaan lain, seperti menurunkan risiko bayi terkena obesitas, juga meningkatkan ikatan batin antara ibu dan anaknya. Menurut American Academy of Pediatrics, ibu harus menyusui bayinya selama satu tahun. Jika tidak memungkinkan, para ibu paling tidak harus menyusui selama enam atau tiga bulan pertama usia bayi.        

2. Makanan segar 

Penting artinya mengonsumsi buah dan sayuran segar, terlebih untuk anak-anak. Dengan mengonsumsi makanan segar, sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Banyak sekali jenis sayuran dan buah yang kaya antioksidan dan vitamin C. Maka dari itu, sertakan juga buah dalam daftar harian diet sebagai pengganti biskuit dan keripik untuk makanan selingan anak Anda.  

3. Hindari makanan cepat saji dan olahan 

Tentu anak-anak menyukai dua jenis makanan ini, tetapi bukan berarti makanan tersebut sehat untuk mereka. Pasalnya, di dalamnya terdapat berbagai bahan kimia dan zat adiktif yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, orangtua dianjurkan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang sehat bagi anak-anaknya di rumah.  

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com